Pengobatan Kesemutan Secara Alami

Waspadai Sering Kesemutan Merupakan Gejala Lain Dari Penyakit Berbahaya Yang Tidak Kita Sadari

4 Bahaya Duduk Menyilangkan Kaki Terlalu Lama

4 Bahaya Duduk Menyilangkan Kaki Terlalu Lama – Duduk dengan gaya menyilangkan kaki memang sering sekali dilakukan oleh banyak orang di dunia. Bagi perempuan, gaya duduk seperti ini bisa membuat mereka tampak lebih anggun dan elegan. Tapi apakah anda tahu ternyata kebiasaan ini cukup banyak menimbulkan dampak negatifnya?

Anda pasti pernah mengalami kesemutan, kram dan mati rasa saat kelamaan duduk dengan gaya menyilangkan kaki. Jika anda pekerja kantoran, pastinya anda banyak menghabiskan waktu di meja kerja dengan duduk cukup lama dan secara tidak sadar anda akan menyilangkan kaki anda, hati-hati itu harus anda sadari dan jangan kelamaan.

4 Bahaya Duduk Menyilangkan Kaki Terlalu Lama

1. Nyeri Leher dan Punggung

Duduk dengan menyilangkan kaki merupakan posisi yang tidak baik untuk tulang belakang. Lutut atas bisa membuat lutut bawah menjadi tertekan, dan posisi panggul pun otomatis menjadi bengkok dan membuat salah satu tulangnya memutar sehingga menimbulkan tekanan pada punggung tengah, bawah, sampai ke leher.

Jika anda melakukan ini secara terus menerus, itu akan membuat nyeri bagian leher dan punggung. Seorang ahli bernama Vivian Eisenstandt menegaskan bahwa orang yang duduk menyilangkan kaki terlalu lama bisa membuat orang tersebut menderita nyeri leher dan punggung. Bahaya lainnya yang akan timbul adalah kestabilan tulang belakang menjadi terganggu.

2. Beban Panggul Menjadi Tidak Seimbang

Duduk dengan gaya seperti ini bisa membuat panggul menjadi menahan beban sebelah tubuh anda. Posisi seperti ini juga dapat mengakibatkan tulang panggul menjadi bengkok. dr. Stephen T. Sinatra, FACC buka suara tentang masalah ini, sendi panggul akan tertekan dan bisa mengakibatkan penggumpalan darah di bagian kaki. Hal ini dapat membuat anda menderita pembengkakan pembuluh darah kaki.

3. Saraf Kaki Menjadi Terganggu

Duduk menyilangkan kaki bisa menimbulkan tekanan pada saraf belakang lutut. Saraf peroneal merupakan saraf yang mengendalikan sebagian besar kaki bawah, dan juga jari-jari kaki. Posisi duduk seperti ini jika dilakukan terlalu lama dapat menimbulkan sensasi kesemutan dan kram pada bagian kaki. Walaupun sifatnya hanya sementara, tapi jika ini dilakukan setiap hari akan menjurus ke saraf kaki mengalami gangguan parah.

4. Tekanan Darah Menjadi Meningkat

Para ahli menyebutkan jika anda duduk dengan kaki menyilang bisa membuat tekanan darah menjadi meningkat sebanyak 2 sampai 7 persen. Kondisi ini terjadi karena dengan kaki menyilang bisa mendorong lebih banyak darah ke jantung. Tapi kabar baiknya, ini tidak akan sampai membahayakan kesehatan jantung anda.

Baca juga :

Cara Duduk Yang Benar Menurut Para Ahli Kesehatan

Postur tubuh yang baik tentunya dapat mencegah masalah punggung dan bisa menurunkan risiko penyakit jantung dan masalah tulang punggung. Hal ini juga bisa membantu anda memperbaiki fungsi paru-paru. Seorang dokter dari Medical Center New York City, USA angkat bicara, bagi para pekerja kantoran yang dituntut harus duduk dengan waktu yang cukup lama, tolong perhatikan cara duduk yang benar.

Saat anda duduk, usahakan kaki dalam posisi yang baik (lurus) tidak menggantung. Kaki juga wajib menyentuh lantai agar tidak ada banyak tekanan di salah satu bagian kaki. Bagi anda para pekerja kantoran, usahakan untuk tidak terus duduk selama jam kerja berlangsung, luangkan waktu untuk berjalan-jalan selama 5 menit minimal untuk memberikan efek positif pada postur tubuh anda.

Updated: December 18, 2017 — 1:51 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengobatan Kesemutan Secara Alami © 2015 Frontier Theme