Pengobatan Kesemutan Secara Alami

Waspadai Sering Kesemutan Merupakan Gejala Lain Dari Penyakit Berbahaya Yang Tidak Kita Sadari

Apakah Benar, Berenang Bisa Menghilangkan Kesemutan?

Keluhan kesemutan biasanya terjadi sangat cepat atau singkat, dan hilang secara perlahan. Kesemutan ini bisa muncul karena peredaran darah yang tidak lancar ke salah satu bagian tubuh. Gangguan saraf ringan adalah salah satu penyebab lainnya.

Terkadang kesemutan datang secara tiba-tiba saat kita sedang beraktivitas fisik yang tentunya sangatlah mengganggu. Sebenarnya banyak sekali hal yang bisa dilakukan pada saat kita mengalami kesemutan, seperti menggerak-gerakan anggota tubuh yang terkena dan juga melakukan olahraga berenang.

Apakah Benar, Berenang Bisa Menghilangkan Kesemutan?

Menurut penelitian, berenang ternyata sangat cocok dan bagus dilakukan oleh orang yang sedang mengalami gangguan sendi, saraf, tulang dan peredaran darah. Kenapa begitu? karena jenis olahraga air ini merupakan low impact.

Beban tubuh yang diberikan pada sendi dan tulang sangatlah minim. Penggunaan energi pun harus dilakukan secara bertahap. Jadi, olahraga jenis low impact ini bisa membantu menghindari kelebihan beban pada sendi.

Selain bagus untuk tulang dan sendi, berenang juga bermanfaat untuk kesehatan peredaran darah. Jornal of Pain mempublikasikan sebuah penelitian yang membuktikan bahwa berenang bisa meringankan nyeri ringan yang disebabkan gangguan saraf yang mengakibatkan ketidaknyamanan termasuk kesemutan.

Baca juga : Makanan Untuk Menenangkan Saraf

Berenang seperti apa yang bisa membantu menghilangkan kesemutan? Anda harus berenang dalam kondisi sedang rileks, bukan seperti mengikuti kompetisi. Jangan lupa untuk melakukan pemanasan sebelumnya agar otot terhindar dari kram.

Selain itu, anda juga wajib memperhatikan suhu air di kolam renang. Kenapa? karena suhu air yang terlalu dingin justru akan memicu masalah baru seperti kram otot parah.

Anda bisa memilih kolam renang yang berada di dalam ruangan agar suhu airnya tidak terlalu dingin. Atau berenang pada sore hari saat air di dalam kolam sudah cukup banyak menyerap sinar matahari.

Tidak ada patokan yang ketat pada frekuensi berenang. Secara umum, olahraga air ini bisa dilakukan setidaknya 3x seminggu, selama 30 menit. Anda bisa membagi durasinya sesuai kemampuan, dan anda juga tidak harus terus-menerus bergerak selama setengah jam.

Bila tidak sempat atau anda termasuk orang yang sibuk, anda bisa melakukannya akhir pekan saja. Olahraga renang tidak hanya cocok untuk mengisi waktu bersama keluarga saja, ini juga bagus untuk menjaga kesehatan termasuk menghilangkan kesemutan.

Bila anda memiliki tubuh yang sehat, tentunya anda pasti akan lebih semangat dalam menjalani aktivitas sehari-hari. Dengan semangat yang tinggi, anda pasti bisa meraih prestasi yang selama ini anda impikan.

Updated: October 2, 2017 — 2:08 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengobatan Kesemutan Secara Alami © 2015 Frontier Theme