Pengobatan Kesemutan Secara Alami

Waspadai Sering Kesemutan Merupakan Gejala Lain Dari Penyakit Berbahaya Yang Tidak Kita Sadari

8 Ciri-ciri Tubuh Anda Kekurangan Kalium

Kalium adalah salah satu bagian tubuh yang paling penting mineral. Hal ini hadir dalam setiap sel tubuh manusia. Pada kenyataannya, itu adalah salah satu dari tubuh utama empat elektrolit, bersama dengan natrium, magnesium dan kalsium.

Menjadi elektrolit, kalium membantu menjaga keseimbangan air yang tepat dalam tubuh serta mengatur tekanan darah. Ini juga memainkan peran dalam pencernaan protein dan karbohidrat. Selain itu, mineral penting yang dibutuhkan untuk kekuatan otot, fungsi saraf, pencernaan dan sistem kardiovaskular yang sehat.

8 Ciri-ciri Tubuh Anda Kekurangan Kalium

Jumlah asupan kalium harian yang disarankan adalah :

  • 3,000 mg per hari untuk usia 1 sampai 3.
  • 3,800 mg per hari untuk usia 4 sampai 8.
  • 4,500 mg per hari untuk usia 9 sampai 13.
  • 4.700 mg per hari untuk usia 14 dan lebih tua.
  • 5,100 untuk wanita yang sedang menyusui.

Orang yang kekurangan kalium, dikenal sebagai hipokalemia, yang paling umum pada orang-orang yang mengambil diuretik. Penggunaan beberapa antibiotik, diare atau muntah, kelebihan penggunaan obat pencahar, penyakit ginjal kronis, gangguan makan (seperti bulimia), rendahnya tingkat magnesium, kelebihan asupan alkohol, keringat berlebihan dan kekurangan asam folat juga dapat menyebabkan rendahnya kadar kalium.


REKOMENDASI PRODUK HERBAL PENAMBAH KALIUM 100% MANJUR & ALAMI

QNC JELLY GAMAT PENAMBAH KALIUM Rp.155.000 (blm termasuk ongkir) isi 300ml. Pesan sekarang juga produk aslinya melalui Whatsapp (WA) 0821 1866 5097, KIRIM BARANG DULU, BAYAR SETELAH BARANG SAMPAI.


BISA JUGA PESAN PRODUKNYA LEWAT SMS DENGAN MENCANTUMKAN KODE PRODUK KQNC SEPERTI DIBAWAH INI CONTOHNYA :

Ketik KQNC : Jumlah Pesanan : Nama : Alamat Lengkap : No.hp

Contoh Pemesanan 10 botol :

KQNC : 10 botol : Rizky Reinanda : Jl. Surapati No.82 Rt/Rw.09/06 Kel. Cihaurgeulis, Kec. Cibeunying, Bandung, 40122 : 081322154***

Kirim SMSnya Ke 082 320 970 600

Kode produk KQNC wajib anda cantumkan disetiap pemesanan produk Obat Penambah Kalium QnC Jelly Gamat lewat SMS.


Rutin tes darah dapat mengkonfirmasi kadar kalium. Kisaran normalnya adalah antara 3,6-5,2 millimoles per liter (mmol/L). Kalium darah tingkat yang lebih rendah dari 2.5 mmol/L membutuhkan perhatian medis secepatnya. Kekurangan kalium dapat menghasilkan berbagai gejala. Namun, karena kekurangan ini sering diabaikan, hal ini dapat mengakibatkan kehancuran fungsi tubuh dan juga mengancam jiwa. Berikut adalah 8 Ciri-ciri Tubuh Anda Kekurangan Kalium.

1. Kram Otot

Sering kram otot, baik di siang hari atau malam hari, adalah tanda yang sangat umum dari kekurangan kalium. Kram di kaki, dan juga lengan. Kalium merupakan salah satu elektrolit yang ditemukan di semua sel tubuh, termasuk otot dan sel-sel saraf. Ia bekerja dengan natrium untuk menjaga sel-sel anda yang mengontrol kontraksi otot dan fungsi.

Ketika mineral ini rendah dalam tubuh, sel-sel tidak dapat mengirim atau menerima dengan tepat sinyal-sinyal listrik untuk mengendalikan kontraksi otot. Hal ini pada gilirannya dapat meningkatkan kemungkinan menderita sering kram otot. Kram dapat berlangsung beberapa detik sampai beberapa menit.

Secara signifikan kehilangan cairan dari berkeringat banyak dapat menyebabkan rendahnya tingkat kalium, penting untuk mengisi kalium tubuh setelah latihan. Jika anda mengalami kram secara sering, konsultasikan langsung ke dokter.

2. Kelemahan Otot dan Kerusakan

Rendahnya tingkat kalium dapat memiliki dampak besar pada kesehatan otot. Hal ini dapat mengganggu fungsi sel-sel otot serta kerusakan otot. Hal ini juga menyebabkan kelemahan dan kekakuan otot, sakit dan nyeri.

Kalium juga diperlukan untuk penyembuhan otot-otot pada tingkat sel. Oleh karena itu, mungkin juga ada peningkatan otot robek atau tegang dengan sedikit atau tanpa usaha. Jika otot-otot anda merasa lemah dan lelah tanpa alasan yang jelas, anda perlu untuk mendapatkan kadar kalium secara cukup.

3. Kelelahan

Gejala umum lain dari kalium yang rendah adalah sering merasa lelah. Jenis kelelahan bukan karena capek karena lembur kerja atau lainnya. Perasaan lelah yang dimaksud terjadi tanpa alasan jelas.

Setiap sel dalam tubuh membutuhkan jumlah yang tepat kalium untuk fungsi, dan jumlah yang tidak memadai dari mineral ini dapat mempengaruhi fungsi dari sel-sel serta organ-organ tubuh. Dengan demikian, kekurangan mineral ini dapat menyebabkan kelelahan.

Anda mungkin harus menempatkan sedikit usaha ekstra dalam melakukan kegiatan sehari-hari biasa jika kadar kalium rendah. Kelelahan dapat disebabkan oleh beberapa masalah kesehatan, cara terbaiknya adalah berkonsultasi dengan dokter untuk mengetahui penyebab pasti.

4. Sensasi Kesemutan

Kalium sangat penting untuk kesehatan saraf anda. Tingkat kalium rendah dapat mempengaruhi impuls listrik yang lulus dari kulit dan otot-otot ke tulang belakang dan otak. Hal ini dapat menyebabkan hilangnya sensasi di sepanjang luar ekstremitas, sehingga menghasilkan sensasi kesemutan.

Biasanya, sensasi kesemutan ini terjadi pada jari kaki, tangan, kaki, dan lengan. Rendah kalium juga dapat berkontribusi untuk otot berkedut. Jika anda mengalami sensasi kesemutan di lengan dan kaki, bersama dengan gejala lain yang disebutkan di sini, ada kemungkinan kuat bahwa anda mengalami rendah kalium. Sebuah tes darah sederhana dapat mengkonfirmasi hal ini.

5. Jantung Berdebar-Debar

Yang kekurangan kalium juga dapat mempengaruhi kesehatan jantung anda. Hal ini dapat menyebabkan detak jantung tidak teratur dan jantung berdebar-debar tanpa alasan yang jelas sama sekali.

Kalium yang rendah dapat mengganggu irama jantung, terkoordinasi kontraksi jantung yang dikendalikan oleh impuls listrik. Di sisi lain, jumlah yang cukup kalium dalam tubuh membantu melindungi jantung anda dari penyakit jantung, serangan jantung dan stroke.

Tidak peduli apa, jika anda mengalami jantung berdebar-debar, penting untuk anda melakukan pemeriksaan ke dokter. Penyebab di balik jantung berdebar-debar harus diselesaikan sesegera mungkin.

6. Masalah Mental dan Emosional

Kalium juga penting untuk kesehatan mental dan fungsi otak. Hal ini membantu menjaga konduktivitas listrik dari otak dan transmisi saraf. Hal ini memainkan peran penting dalam mengangkut serotonin, sebuah neurotransmitter yang meningkatkan perasaan kesejahteraan dan kebahagiaan. Ini adalah alasan mengapa kalium yang rendah dapat membuat anda merasa kebingungan, perubahan suasana hati, depresi, halusinasi dan delirium.

Artikel yang diterbitkan di Neuropsychobiology melaporkan hubungan antara natrium, magnesium dan kalium pada pasien depresi. Studi lain pada tahun 2009 yang dipublikasikan di General Hospital Psychiatry melaporkan bahwa hipokalemia dapat mengakibatkan depresi.

Baca juga :

7. Sembelit

Mineral kalium sangat penting bagi sistem pencernaan, yang terbuat dari otot polos yang berkontraksi secara ritmik untuk membantu pencernaan makanan. Darah rendah kadar kalium dapat mengganggu fungsi involunter otot-otot perut dan usus.

Berfungsinya otot-otot ini diperlukan untuk pencernaan, penyerapan dan metabolisme terjadi. Fungsi yang buruk dapat menyebabkan sembelit. Selain sembelit, mungkin juga ada gejala seperti perut kembung, nyeri dan kram.

Sembelit dapat disebabkan oleh sejumlah masalah, bicarakan dengan dokter anda untuk menyingkirkan kemungkinan kekurangan gizi.

8. Tekanan Darah Tinggi

Kalium membantu mengendurkan pembuluh darah, mereka dapat menjadi terbatas, yang menyebabkan tekanan darah meningkat. Kalium juga menjadi saldo negatif efek dari natrium. Ketika kalium rendah, keseimbangan natrium dalam tubuh akan terganggu. Hal ini juga dapat mempengaruhi tekanan darah anda.

Sebuah studi 2008 yang diterbitkan dalam the American Society of Nephrology melaporkan bahwa rendahnya tingkat kalium dalam diet mungkin sama pentingnya dengan tingginya kadar natrium, terutama di Afrika-Amerika yang orang-orangnya rentan menderita tekanan darah tinggi.

Menurut penelitian ini, hubungan antara kalium yang rendah dan tekanan darah tinggi tetap signifikan bahkan karena usia, ras dan faktor-faktor risiko lainnya seperti kardiovaskular (kolesterol tinggi, diabetes dan merokok).

Terlepas dari kalium yang rendah dan asupan natrium tinggi, banyak faktor lain yang berkontribusi terhadap tekanan darah tinggi. Oleh karena itu, cara terbaiknya adalah berkunjung ke dokter untuk mengetahui masalah lebih lanjutnya. Tingkat kalium rendah, bagaimanapun juga dapat dipastikan menyebabkan tekanan darah rendah dan pingsan.

Tips untuk mengatasi kekurangan kalium :

  • Solusi terbaiknya adalah mendapatkan asupan mineral dari buah-buahan alami. Beberapa sumber terbaiknya adalah pisang, alpukat, stroberi, jeruk, mangga, kiwi, aprikot dan tanggal.
  • Sayuran tinggi beta-karoten juga mengandung jumlah yang baik dari kalium. Beberapa contohnya adalah wortel, ubi jalar, bayam, brokoli, lobak Swiss, dan paprika merah.
  • Ikan, seperti sarden dan salmon juga mengandung banyak mineral ini.
  • Jika anda memilih untuk mengambil suplemen, selalu berkonsultasi lah dengan dokter anda terlebih dahulu.
  • Ketika kadar kalium rendah, hindarilah kegiatan fisik berat untuk mencegah hilangnya kalium melalui keringat.
    Terlalu banyak kalium juga sebenarnya tidak baik untuk kesehatan anda, terutama untuk ginjal.
  • Orang yang menderita diabetes atau gagal jantung lebih berisiko mengembangkan masalah ini.
Updated: November 6, 2017 — 3:23 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengobatan Kesemutan Secara Alami © 2015 Frontier Theme