Pengobatan Kesemutan Secara Alami

Waspadai Sering Kesemutan Merupakan Gejala Lain Dari Penyakit Berbahaya Yang Tidak Kita Sadari

Penyebab, Diagnosis, Perawatan Kedutan di Bibir Atas Bawah

Penyebab, Diagnosis, Perawatan Kedutan di Bibir Atas Bawah – Ketika bibir anda bergetar atau gemetar sendiri itu bisa mengganggu kehidupan sehari-hari tentunya. Hal ini juga bisa menjadi tanda dari masalah medis yang lebih besar. Kedutan bibir dapat menjadi kejang otot yang berhubungan dengan sesuatu yang sederhana seperti minum kopi terlalu banyak, atau mereka mungkin tremor, jenis penyakit ini adalah tanda-tanda awal gangguan otak seperti penyakit Lou Gehrig.

11 Penyebab Terjadinya Kedutan Bibir

1. Kelebihan Kafein

Kafein adalah stimulan dan dapat menyebabkan bibir anda berkedut jika anda meminumnya secara berlebihan. Istilah teknis untuk kondisi ini adalah “keracunan kafein.” Anda mungkin memiliki kondisi ini jika anda minum lebih dari tiga cangkir kopi per hari dan mengalami setidaknya lima dari gejala berikut :

  • Otot berkedut.
  • Energi yang berlebihan.
  • Kegelisahan.
  • Insomnia.
  • Peningkatan urin.
  • Kegugupan.
  • Wajah memerah.
  • Sakit perut, mual atau diare.
  • Detak jantung bergerak cepat.
  • Agitasi psikomotor seperti menekan atau mondar-mandir.

2. Obat

Otot berkedut, atau fasciculation, dikenal sebagai efek samping dari banyak obat resep dan obat-obatan seperti estrogen, diuretik, dan steroid. Berbicara dengan dokter anda untuk mengganti obat-obatan ke yang lebih sederhana untuk pengobatan gejala ini.

3. Kekurangan Kalium

Anda mungkin mengalami bibir berkedut jika anda memiliki tingkat rendah kalium dalam sistem anda. Mineral ini merupakan elektrolit dan membantu membawa sinyal saraf tubuh. Kekurangan kalium dapat secara negatif mempengaruhi otot-otot dan menyebabkan kejang dan kram. Pengobatan untuk kekurangan kalium termasuk menambahkan makanan kaya kalium untuk diet dan menghindari obat-obatan yang dapat mempengaruhi kadar kalium.

4. Neuropati Alkohol

Kecanduan obat-obatan dan alkohol dapat menyebabkan kerusakan saraf dan mempengaruhi fungsi otak. Jika anda sudah mengkonsumsi jumlah yang tinggi dari alkohol atau obat-obatan untuk jangka waktu yang panjang dan anda mengalami wajah kejang otot seperti bibir berkedut, anda bisa neuropati alkohol. Perawatan termasuk membatasi konsumsi alkohol, konsumsi suplemen vitamin dan mengambil resep antikonvulsan.

5. Bell’s Palsy

Orang-orang dengan bell’s palsy mengalami kelumpuhan sementara pada salah satu sisi wajah. Setiap kasus berbeda, tetapi dalam beberapa kasus hal ini membuat sulit bagi seseorang untuk menggerakkan mulut, hidung, atau kelopak mata. Dalam kasus lain, orang dengan bell’s palsy dapat mengalami kejang dan kelemahan pada salah satu sisi wajah mereka.

Dokter tidak tahu apa yang menyebabkan bell’s palsy, tapi itu diyakini terkait dengan oral herpes virus. Dokter anda dapat mendiagnosa kondisi dari melihat anda saat anda mengalami gejala-gejala. Ada berbagai metode pengobatan yang didasarkan pada gejala-gejala anda. Beberapa yang paling umum adalah steroid dan terapi fisik.

6. Hemifacial Spasme & Tics

Juga dikenal sebagai tic convulsif, hemifacial kejang ini adalah kejang otot yang terjadi pada satu sisi wajah. Tics yang paling umum pada wanita di atas 40. Mereka tidak mengancam kehidupan, tetapi dapat menjadi tidak nyaman dan mengganggu.

Hemifacial spasme terjadi karena kerusakan pada saraf kranial ketujuh, yang mempengaruhi otot-otot wajah. Kondisi lain yang bisa menyebabkan kerusakan saraf, atau bisa juga akibat dari pembuluh darah yang menekan saraf.

Hemifacial spasme dapat didiagnosis dengan menggunakan tes seperti MRI, CT scan, dan angiografi. Suntikan Botox adalah bentuk paling umum dari pengobatan, meskipun mereka perlu diulang setiap enam bulan untuk tetap efektif. Obat sebagian dapat melumpuhkan otot untuk berhenti berkedut. Operasi yang disebut mikrovaskuler dekompresi juga efektif untuk pengobatan jangka panjang yang menghilangkan kapal menyebabkan tics.

7. Sindrom Tourette

Sindrom Tourette adalah sebuah gangguan yang menyebabkan anda untuk sengaja membuat suara atau gerakan yang berulang-ulang. Sindrom Tourette dapat melibatkan motor dan pidato tics. Mereka sering memalukan, tapi tidak menyakitkan atau yang mengancam kehidupan. Laki-laki empat kali lebih mungkin dibandingkan perempuan untuk mengembangkan sindrom Tourette, dan gejala-gejala biasanya muncul antara usia 2-15 tahun.

Dokter tidak tahu apa yang menyebabkan sindrom Tourette, meskipun itu diyakini turun-temurun, dan tidak ada obat untuk gangguan ini. Perawatan termasuk terapi dan obat-obatan. Untuk orang-orang dengan motor tics seperti bibir berkedut, Botox mungkin yang paling efektif pengobatan.

8. Penyakit Parkinson

Penyakit Parkinson adalah gangguan otak yang menyebabkan tremor, kekakuan, dan gerakan lambat. Penyakit degeneratif, yang berarti itu akan lebih buruk dari waktu ke waktu. Gejala awal dari penyakit Parkinson biasanya mencakup tremor sedikit bibir bawah, dagu, tangan, atau kaki.

Dokter tidak tahu apa yang menyebabkan Parkinson. Beberapa perawatan yang paling umum adalah obat-obatan untuk mengisi dopamin di otak, meskipun dalam kasus yang ekstrim, operasi.

9. ALS

Amyotrophic lateral sclerosis umumnya dikenal sebagai ALS, atau penyakit Lou Gehrig, ini adalah penyakit otak yang mempengaruhi saraf dan sumsum tulang belakang. Beberapa gejala awal yang berkedut, bicara menjadi cadel, dan kelemahan otot. ALS adalah penyakit degeneratif dan fatal. Dokter anda dapat mendiagnosa ALS menggunakan spinal tap dan elektromiografi. Tidak ada obat untuk penyakit Lou Gehrig, tapi ada dua obat di pasaran untuk mengobati Riluzole dan Radicava.

10. Sindrom DiGeorge

Orang-orang dengan sindrom DiGeorge adalah bagian yang hilang dari kromosom 22, yang menyebabkan beberapa sistem tubuh untuk mengembangkan buruk. Beberapa panggilan DiGeorge 22q11.2 penghapusan syndrome.

DiGeorge syndrome dapat menyebabkan terbelakang karakteristik wajah, yang dapat menyebabkan berkedut di sekitar mulut, bibir sumbing, kulit kebiruan, dan kesulitan menelan. DiGeorge sindrom ini biasanya didiagnosis pada saat lahir. Sementara tidak ada cara untuk mencegah gangguan atau menyembuhkannya, ada cara untuk mengobati setiap gejala secara individual.

11. Hiperparatiroidisme

Hipoparatiroidisme adalah kondisi langka pada tiroid. Hal ini menyebabkan tubuh menghasilkan tingkat yang sangat rendah dari hormon paratiroid, yang pada gilirannya dapat menyebabkan rendah kalsium dan kadar fosfor dalam tubuh.

Salah satu gejala umum dari hiperparatiroidisme adalah berkedut di sekitar mulut, tenggorokan, dan tangan. Jika bibir anda berkedut disertai dengan rambut rontok, sakit kaki, kesemutan ujung jari, anda bisa memiliki kondisi tiroid. Pilihan pengobatan meliputi diet kaya kalsium atau suplemen kalsium, suplemen vitamin D dan hormon paratiroid suntikan.

Baca juga : Penyebab Bibir Kesemutan

Diagnosis

Bibir berkedut adalah gejala motorik, sehingga sangat mudah bagi dokter untuk melihat tremor yang anda alami. Pemeriksaan fisik untuk mengevaluasi gejala lain mungkin menjadi salah satu cara bagi dokter untuk mendiagnosa apa yang menyebabkan berkedut. Dokter anda mungkin juga meminta anda beberapa pertanyaan tentang gaya hidup anda, seperti seberapa sering anda minum kopi atau alkohol.

Jika tidak ada gejala lain yang terlihat, dokter anda mungkin perlu untuk menjalankan beberapa tes untuk diagnosis. Ini dapat bervariasi dari tes darah atau urine untuk MRI atau CAT scan.

Bagaimana Cara Menghentikan Bibir Berkedut?

Ada berbagai penyebab bibir tremor, dan oleh karena itu berbagai macam metode pengobatan. Bagi sebagian orang, cara termudah untuk menghentikan bibir berkedut adalah makan lebih banyak buah pisang atau makanan lain yang tinggi kalium. Bagi orang lain, mendapatkan suntikan Botox adalah cara terbaik untuk menyingkirkan tremor. Berbicara dengan penyedia layanan kesehatan anda tentang apa yang menyebabkan bibir berkedut dan cara terbaik untuk menghentikan gejala ini.

Jika anda belum melihat penyedia layanan kesehatan, anda mungkin ingin mencoba salah satu dari ini di rumah :

  • Mengurangi asupan kopi kurang dari tiga cangkir, atau menghentikan asupan kafein sama sekali.
  • Mengurangi atau berhenti konsumsi alkohol.
  • Makan lebih banyak makanan yang tinggi kalium seperti brokoli, bayam, pisang, dan alpukat.
  • Menerapkan tekanan untuk bibir anda menggunakan jari-jari anda dan kain hangat.

Kesimpulan

Meskipun tidak berbahaya, bibir berkedut dapat menjadi tanda bahwa anda memiliki masalah medis serius. Jika minum sedikit kopi atau makan lebih banyak brokoli tampaknya tidak membantu gejala anda, saatnya untuk konsultasi ke dokter. Jika gangguan yang lebih serius menyebabkan bibir anda berkedut, deteksi dini adalah kuncinya. Dalam kasus-kasus seperti itu sering ada metode pengobatan yang tersedia untuk memperlambat timbulnya gejala yang lebih serius.

http://pengobatankesemutan.com/kedutan-bibir/

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengobatan Kesemutan Secara Alami © 2015 Frontier Theme