Pengobatan Kesemutan Secara Alami

Waspadai Sering Kesemutan Merupakan Gejala Lain Dari Penyakit Berbahaya Yang Tidak Kita Sadari

Kesemutan Tanda Kerusakan Fungsi Saraf

Kesemutan Tanda Kerusakan Fungsi Saraf | Anda sering mengalami kesemutan? jika ya, jangan pernah Anda sekalipun mengabaikan gejala penyakit ini. Tidak banyak orang yang tahu bahwa ini merupakan suatu Tanda Kerusakan Saraf. Neuropati adalah istilah medis yang menggambarkan gangguan fungsi saraf. Bukan hanya kesemutan, gejala ini juga bisa meliputi mati rasa, rasa baal dan kebal pada anggota tubuh termasuk badan, kaki dan tangan.

Yulius Mandua seorang Dokter spesialis saraf dari Siloam Hospitals Kota Balikpapan menyebutkan bahwa gejala kesemutan merupakan tanda adanya gangguan pada saraf tepi. Saraf tepi sendiri mempunyai sistem saraf diluar bagian pusat untuk menjalankan otot dan juga organ tubuh lainnya. Posisi saraf tepi ini berada di sumsum tulang belakang.

Dr. Yulius menerangkan, “penyebab dari neuropati ini sangatlah beragam.” Diantaranya trauma, penyakit metabolik, faktor auto imun dan gaya hidup yang kurang sehat. Contoh umumnya adalah terlalu sering menggunakan sepatu high heel (hak tinggi) yang umumnya sering dipakai wanita dan terlalu lama mengetik di komputer ataupun laptop. Sebab daripada itu terjadilah penekanan saraf yang lama sehingga nantinya timbul peradangan akut.

Tetapi, kebanyakan kasus yang terjadi pada masalah ini karena kekurangan vitamin B yang mencakup semuanya (vitamin B1, B6, B12) dan kurang defisiensi. Gangguan saraf juga besar kemungkinan terjadi karena faktor penyakit metabolik. Contohnya ada pada pasien yang menderita Diabetes, Gangguan Fungsi Hati dan Gagal Ginjal.

Dokter Yulius | Ahli Saraf

Dokter yang kini berusia 51 tahun ini menyebutkan “Angka kejadian yang mengalami gejala neuropati sangatlah tinggi, 1:4 orang mengalami gejala ini. Apalagi orang yang berusia 40 tahun keatas, karena sejatinya gejala ini juga bisa karena pengaruh faktor usia, tetapi kaum muda juga bukan berarti bebas dari ancaman penyakit ini.

Faktor lain yang menyebabkan terjadinya Neuropati adalah seperti intoksikasi atau keracunan logam berat dan juga pengaruh efek obat kimia yang dikonsumsi sudah lama. Trauma yang dimaksudkan ini adalah jika sebelumnya pernah mengalami benturan yang berujung pada gangguan saraf. Tetapi menurut dokter Yulius kasus seperti ini jarang terjadi.

Resiko berat yang akan terjadi jika gangguan saraf tidak hanya kesemutan, gangguan lain seperti otot mengecil, tubuh tiba-tiba menjadi lemah sampai kelumpuhan. Apabila pasien telah mengalami hal seperti ini, berat sudah mencapai tahap Neuropati fase berat atau tingkat lanjut.

Seorang dokter yang mempunyai hobi jogging ini menerangkan bahwa ada banyak penyebab dan gejala Neuropati yang mengharuskan dokter tepat dalam hal diagnosis. Sebab, hal ini akan berhubungan dengan pengobatan pasien. Jadi, hal utama atau pertama yang harus dilakukan oleh pasien adalah mencari penyebab dan juga latar belakang timbulnya gejala Neuropati.

Sebenarnya semua penyebab itu berhubungan dengan pengobatan. Seperti misalnya sumber penyakit Diabetes, berarti pertolongan pertama yang harus dilakukan adalah mengontrol kadar diabetesnya. Berikanlah obat untuk memperbaiki sistem metabolik dan juga fungsi sarafnya agar membaik. Setidaknya butuh waktu minimal tiga bulanan.

Apabila penyebab neuropati karena kekurangan vitamin B, dokter akan memberikan asupan vitamin lebih dulu, itungannya sebagai penanganan awal. Selain itu, merasakan gejala lain berupa nyeri pada saraf, pasien pun akan mendapatkan obat nyeri sebagai tambahannya.

Menurutnya, tidak ada batasan khusus untuk pengobatan dan waktu yang dibutuhkan. Sebab, semuanya kembali bergantung pada setiap penyebab dan juga kasusnya. Terutama seperti yang telah mengakibatkan melemahnya otot, dan juga waktu pengobatannya sudah mencapai tahunan.

Menurut dokter yang memakai kacamata ini “apabila terjadi kelemahan, pasien membutuhkan rehabilitasi. Seperti misalya, proses fisioterapi membantu mengembalikan kekuatan saraf. Contoh kasus kalau kakinya mengalami kelemahan, maka para penderita harus terpaksa latihan berjalan.

Iapun menghimbau kepada para pasien penyakit ini suapaya mencoba melakukan pemeriksaan lebih lanjut ke dokter. “Sensasi kesemutan seringkali diabaikan karena dianggap ringan dan juga belum bisa disebut menjadi pengganggu aktivitas. Jadi, kebanyakan semua orang menjadi sadar apabila sudah dalam tahap yang berat. Lakukanlah segera deteksi dini jika mulai merasakan gejala tersebut,” tutupnya.

Updated: March 6, 2017 — 6:05 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengobatan Kesemutan Secara Alami © 2015 Frontier Theme