Pengobatan Kesemutan Secara Alami

Waspadai Sering Kesemutan Merupakan Gejala Lain Dari Penyakit Berbahaya Yang Tidak Kita Sadari

Mungkin Ini Salah Satu Penyebab Anda Sering Kesemutan

Mungkin Ini Salah Satu Penyebab Anda Sering Kesemutan – Faisal Basri seorang politikus Indonesia sudah lama merasakan sakit tulang punggung, tercatat sudah hampir 3 tahun ia merasakannya. Segala cara sudah ia lakukan demi mengobati sakit tulang punggunya. Bahkan ia pernah sampai melakukan pengobatan ke negara tetangga yakni Singapura untuk pemeriksaan MRI (Magnetic Resonance Imaging). Setelah dilakukan pemeriksaan tersebut, akhirnya terungkap penyebab dari sakit punggungnya itu adalah karena adanya penyempitan antar ruas tulang belakang, lebih tepatnya Antar ruas 5-6 dan 6-7 di leher menyempit.

“Saraf yang ada di bagian tulang belakang bawah atau bahasa kedokterannya Lumbar Spine terhubung dengan bagian panggul ke bawah,” ucap dokter spesialis ortopedi Briliantono. Oleh karena itu, apabila ruas tulang bawah mengalami penyempitan, bagian paha dan kaki akan diserang mati rasa atau kesemutan.

Selain merasakan nyeri tulang punggung, Faisal memang sering sekali mengalami sensasi seperti kesemutan. Rasa sakit karena penyempitan adalah salah satu alarm alamiah tubuh. Tulang belakang sejatinya memang diciptakan untuk bisa menopang bada, melindungi sumsum tulang belakang dan juga menahan tekanan tubuh.

Peringatan tersebut, tidak selalu muncul dalam bentuk rasa sakit yang seketika. Alarm alamiah itu juga bisa dimulai dengan punggung terasa kaku, pegal-pegal, dan kesemutan. Tapi banyak orang yang beranggapan bahwa rasa pegal yang datang karena kelelahan. Untuk menghilangkannya seringkali kebanyakan orang minum obat pereda nyeri, melakukan pemijatan atau menggunakan bantal relaksasi.

Sakit memang bisa hilang seketika, tapi apabila pusat sakit tidak ikut diobati, rasa sakit itu pasti akan muncul lagi nanti. Menurut dokter ahli ortopedi, sakit tulang punggung yang berbahaya persentasenya hanyalah 20%, misalnya karena kanker atau tumor. Sedangkan 80% nya dikarenakan postur tubuh yang tidak baik, seperti posisi duduk salah, selonjoran, membaca buku sambil tiduran, dan sering menenteng tas berat.

Pada tahap awal, syaraf kejepit karena salah postur biasanya dapat diatasi. Asalkan ada sedikit bantalan yang keluar dan pasiennya masih tergolong muda karena jaringannya masih elastis. Cara mengatasi semua itu adalah dengan menggeser ruas tulang yang miring.

Menurut dokter ahli, tulang ternyata bisa digeser menggunakan otot. Selain untuk bergerak, otot juga dapat membuat ruas tulang akan saling terikat. Oleh karena itu, dengan Anda menggerakan otot, bisa membuat ruas tulang menjadi terangkat, sehingga bantalan yang menonjol akan masuk kembali ke antar ruas.

Melakukan aktivitas olahraga yang bermanfaat banyak untuk tulang punggung seperti berenang bisa mengatasi bantalan yang keluar. Ingat, postur tubuh juga harus ikut dijaga dengan baik. Posisi duduk harus benar, tidak boleh sering-sering menenteng tas yang mempunyai berat yang over, dan satu lagi hindari tidur dengan posisi tengkurap.

Hanya mengingatkan, apabila Anda menyepelekan sakit tulang punggung dan pusat sakitnya tidak diobati, maka kerusakan pun akan semakin menjadi-jadi. Bantalan pun akan semakin keluar dan tidak dapat disembuhkan lagi. Jika terjadi demikian, maka pengobatan pun akan semakin sulit untuk dilakukan.

Updated: February 22, 2017 — 9:03 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengobatan Kesemutan Secara Alami © 2015 Frontier Theme