Pengobatan Kesemutan Secara Alami

Waspadai Sering Kesemutan Merupakan Gejala Lain Dari Penyakit Berbahaya Yang Tidak Kita Sadari

Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Sindrom Guillain Barre

Sindrom Guillain Barre merupakan penyakit yang jarang terjadi tetapi ini masuk dalam gangguan autoimun serius dimana sistem kekebalan tubuh menyerang sel-sel saraf di dalam sistem saraf perifer. Hal ini menyebabkan kelemahan, mati rasa, dan kesemutan. Hal ini pada akhirnya dapat menyebabkan kelumpuhan. Penyebab kondisi ini belum diketahui secara jelas, tetapi hal ini biasanya dipicu oleh penyakit menular, seperti flu perut atau infeksi paru-paru.

Penyebab, Gejala, dan Pengobatan Sindrom Guillain Barre

Sindrom Guillain-Barre sangat jarang terjadi, hanya mempengaruhi sekitar 1 dalam 100.000 orang Amerika, menurut National Institute of Neurological Disorders and Stroke. Belum ditemukan obat yang benar-benar dapat berjalan baik untuk GBS ini, tetapi dengan pengobatan dini yang akan kami berikan infonya dapat mengurangi keparahan gejala dan mempersingkat durasi penyakit.

1. Penyebab

Apa Yang Menyebabkan Guillain-Barre Syndrome?

Penyebab dari sindrom Guillain-Barre adalah tidak diketahui. Menurut Centers for Disease Control and Prevention (CDC), sekitar dua-pertiga dari orang-orang dengan sindrom Guillain-Barre berkembang setelah mereka telah sakit dengan diare atau infeksi saluran pernapasan. Hal ini menunjukkan bahwa gangguan yang mungkin dipicu oleh respon imun yang tidak tepat dengan yang sakit sebelumnya.

Infeksi Campylobacter Jejuni telah dikaitkan dengan sindrom Guillain-Barre. Campylobacter adalah salah satu bakteri yang paling umum yang menyebabkan diare di Amerika Serikat. Itu juga faktor risiko yang paling umum untuk sindrom Guillain-Barre. Campylobacter sering ditemukan dalam makanan matang, terutama unggas.

Infeksi ini juga dikaitkan dengan sindrom Guillain-Barre :

  • Influenza.
  • Cytomegalovirus, yang merupakan strain dari virus herpes.
  • Epstein-Barr virus atau infeksi mononucleosis.
  • Mycoplasma pneumonia, yang merupakan pneumonia atipikal yang disebabkan oleh bakteri-seperti organisme.
  • HIV atau AIDS.

Siapa pun bisa mendapatkan Guillain-Barre, tapi orang dewasa yang lebih tua dan laki-laki adalah yang paling mungkin untuk diserang penyakit tersebut.

Dalam kasus yang sangat jarang, orang-orang dapat mengembangkan gangguan sehari atau seminggu setelah menerima vaksinasi. CDC dan US Food and Drug Administration (FDA) memiliki sistem untuk memantau keamanan vaksin, mendeteksi tanda-tanda peringatan dini dari efek samping, dan merekam setiap kasus sindrom Guillain-Barre yang berkembang setelah vaksinasi.

2. Gejala

Apa saja Gejala dari sindrom Guillain-Barre?

Pada sindrom Guillain-Barre, sistem kekebalan tubuh menyerang sistem saraf perifer. Saraf di perifer yang menghubungkan otak ke seluruh tubuh anda dan mengirimkan sinyal ke otot-otot anda. Otot-otot tidak akan mampu merespon sinyal-sinyal yang mereka terima dari otak anda jika saraf ini rusak.

Gejala pertama biasanya kesemutan di jari-jari kaki, telapak kaki, dan kaki. Kesemutan menyebar ke atas lengan dan jari-jari. Gejala-gejala dapat berkembang dengan sangat pesat. Pada beberapa orang, penyakit ini dapat menjadi serius hanya dalam beberapa jam.

Baca juga :

Gejala-gejala dari sindrom Guillain-Barre meliputi :

  • Kesemutan atau sensasi berduri di jari anda dan jari-jari kaki.
  • Kelemahan otot di kaki anda yang bepergian ke tubuh bagian atas dan semakin memburuk dari waktu ke waktu.
  • Kesulitan berjalan.
  • Kesulitan menggerakkan mata atau wajah, berbicara, mengunyah, atau menelan.
  • Nyeri parah punggung bawah.
  • Hilangnya kontrol kandung kemih.
  • Denyut jantung menjadi lebih cepat.
  • Kesulitan bernapas.
  • Kelumpuhan.

3. Diagnosis

Bagaimana Guillain-Barre Syndrome Didiagnosis?

Sindrom Guillain-Barre sangat sulit untuk didiagnosis pada awalnya. Hal ini karena gejala yang sangat mirip dengan orang-orang lain gangguan neurologis atau kondisi yang mempengaruhi sistem saraf, seperti botulisme, keracunan logam berat, atau meningitis.

Dokter akan bertanya tentang gejala dan riwayat medis anda. Pastikan untuk memberitahu dokter tentang gejala yang tidak biasa anda alami dan jika anda sudah punya baru-baru ini atau penyakit yang menyerang dulu.

Berikut ini adalah 3 tes yang digunakan untuk membantu mengkonfirmasi diagnosis :

Spinal Tap

  • Spinal tap melibatkan pengambilan sejumlah kecil cairan dari tulang belakang di punggung bawah anda. Cairan ini disebut cairan serebrospinal. Cairan serebrospinal ini kemudian diuji untuk mendeteksi kadar protein. Orang-orang dengan sindrom Guillain-Barre biasanya memiliki kadar lebih tinggi dari normal kadar protein dalam cairan serebrospinal. Tes ini juga disebut sebagai pungsi lumbal.

Elektromiografi

  • Elektromiografi adalah sebuah fungsi tes saraf. Membaca aktivitas listrik dari otot-otot untuk membantu dokter mengetahui apakah kelemahan otot yang disebabkan oleh kerusakan saraf atau kerusakan otot.

Tes Konduksi Saraf

  • Studi konduksi saraf dapat digunakan untuk menguji seberapa baik saraf dan otot-otot menanggapi energi elektrik yang kecil.

4. Pengobatan

Bagaimana Guillain-Barre Syndrome Diobati?

Semua orang yang terkena sindrom Guillain-Barre harus dirawat di rumah sakit untuk pengamatan lebih dekat. Gejala-gejala dapat cepat memburuk dan dapat menjadi fatal jika tidak diobati. Dalam kasus yang parah, orang-orang dengan sindrom Guillain-Barre dapat mengembangkan seluruh tubuh menjadi kelumpuhan. Sindrom Guillain-Barre dapat mengancam jiwa jika kelumpuhan mempengaruhi diafragma atau otot dada dan mencegah pernapasan yang tepat terjadi.

Guillain-Barre tidak dapat disembuhkan. Tujuan pengobatan adalah untuk mengurangi keparahan dari gejala-gejala anda dan menjaga tubuh anda berfungsi sementara sistem saraf anda pulih.

Pengobatan yang dimaksud, ini dia diantaranya :

Plasmapheresis (Plasma Exchange)

  • Sistem kekebalan tubuh menghasilkan protein yang disebut antibodi yang biasanya memiliki zat-zat asing berbahaya, seperti bakteri dan virus. Guillain-Barre terjadi ketika sistem kekebalan tubuh secara keliru membuat antibodi yang menyerang saraf yang sehat untuk sistem saraf anda.
  • Plasmapheresis dimaksudkan untuk menghilangkan antibodi yang menyerang saraf dari darah anda. Selama menjalani prosedur ini, darah dikeluarkan dari tubuh anda oleh mesin. Mesin ini menghilangkan antibodi dari darah anda dan kemudian mengembalikan darah ke tubuh anda.

Imunoglobulin Intravena

  • Dosis tinggi imunoglobulin juga dapat membantu untuk memblokir antibodi yang menyebabkan sindrom Guillain-Barre. Imunoglobulin berisi normal, sehat antibodi dari para donatur.
  • Plasmapheresis dan imunoglobulin intravena sama-sama efektif. Terserah kepada anda dan dokter anda untuk memutuskan pengobatan yang terbaik untuk anda.
  • Anda mungkin akan diberi obat untuk menghilangkan rasa sakit dan mencegah pembekuan darah saat anda sedang bergerak.
  • Anda juga dapat mengambil manfaat dari terapi fisik. Saat anda sedang dalam masa pemulihan, dokter dapat secara manual menggerakkan lengan dan kaki untuk menjaga mereka tetap menjadi fleksibel. Setelah anda sembuh, anda akan bekerja pada penguatan otot-otot anda lagi.

5. Komplikasi

Komplikasi dari sindrom Guillain-Barre Syndrome

Guillain-Barre mempengaruhi saraf anda. Kelemahan dan kelumpuhan yang terjadi dapat mempengaruhi beberapa bagian tubuh anda. Komplikasi yang mungkin termasuk adalah kesulitan bernapas ketika kelumpuhan atau kelemahan menyebar ke otot-otot yang mengontrol pernapasan. Anda mungkin perlu sebuah mesin yang disebut respirator untuk membantu anda bernapas jika hal ini terjadi. Komplikasi juga dapat mencakup:

  • Berlama-lama dalam kelemahan, mati rasa, atau sensasi aneh bahkan setelah pemulihan.
  • Jantung atau masalah tekanan darah.
  • Fungsi usus melambat dan juga fungsi kandung kemih juga sama menjadi lambat.
  • Terjadi pembekuan darah dan luka baring karena kelumpuhan.

Apa yang Dapat Diharapkan dalam Jangka Panjang Penyakit Ini?

Periode pemulihan untuk sindrom Guillain-Barre dapat menjadi panjang, tetapi kebanyakan orang sembuh sepenuhnya. Secara umum, gejala akan memburuk selama dua sampai empat minggu sebelum mereka stabil. Pemulihan dapat berlangsung beberapa minggu sampai beberapa tahun. Orang-orang dengan sindrom Guillain-Barre biasanya sembuh dalam enam sampai 12 bulan.

Menurut Mayo Clinic, 80 persen dari orang yang terkena sindrom Guillain-Barre dapat berjalan secara independen pada enam bulan, dan 60 persen pulih rutin dengan kekuatan otot. Tiga puluh persen masih mengalami beberapa kelemahan setelah tiga tahun. Sekitar 3 persen dari orang yang terkena sindrom Guillain-Barre akan mengalami kekambuhan dari gejala mereka.

Dalam kasus yang jarang terjadi, kondisi ini dapat mengancam kehidupan jika anda tidak mendapatkan pengobatan. Faktor-faktor yang dapat menyebabkan hasil buruk meliputi:

  • Usia tua.
  • Parah atau maju pesat penyakit.
  • Keterlambatan pengobatan.
  • Penggunaan jangka panjang dari respirator.

Selain gejala-gejala fisik, anda mungkin akan mengalami kesulitan mengontrol emosi juga. Hal ini dapat menantang anda untuk menyesuaikan diri dengan mobilitas terbatas dan peningkatan ketergantungan pada orang lain. Anda mungkin menemukan itu berguna untuk berbicara dengan seorang terapis.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengobatan Kesemutan Secara Alami © 2015 Frontier Theme