Pengobatan Kesemutan Secara Alami

Waspadai Sering Kesemutan Merupakan Gejala Lain Dari Penyakit Berbahaya Yang Tidak Kita Sadari

10 Cara Untuk Mencegah Datangnya Infeksi Kuku

Tekstur, bentuk dan panjang kuku anda bisa membuktikan tentang kesehatan anda. Kuku selalu menjadi sorotan utama dasar kebiasaan kebersihan pribadi. Ini adalah mengapa perawatan kuku sangatlah penting.

Setiap orang harus mengambil perawatan yang tepat untuk kuku, bukan hanya melakukan perawatan kulit, rambut dan gigi saja, kuku juga harus diperhatikan mulai dari sekarang. Jika tidak, anda berada pada peningkatan risiko masalah kuku seperti kuku tumbuh ke dalam dan infeksi jamur.

10 Tips Untuk Mencegah Datangnya Infeksi Kuku

Kebanyakan gangguan kuku disebabkan oleh infeksi jamur, yang dapat menyebabkan kuku menjadi tebal, berubah warna dan rapuh. Mencegah jamur kuku mungkin tidak tampak penting bagi anda, tapi itu harus. Jamur hampir di mana-mana di lingkungan kita, dan hal ini relatif mudah untuk mengembangkan infeksi jamur.

Menyingkirkan infeksi jamur kuku dapat menjadi sulit. Hal ini dapat menjadi resisten terhadap pengobatan, yang dapat memakan waktu berbulan-bulan. Pencegahan ini adalah taruhan terbaik anda. Untungnya, sangat mudah untuk membuat kuku anda sehat dan mencegah infeksi tersebut. Berikut adalah 10 Cara Untuk Mencegah Datangnya Infeksi Kuku yang wajib anda ikuti.

1. Menjaga Kuku Anda Bersih dan Kering

Kaki yang sehat dan kuku mulai dengan kebersihan yang baik. Rendam kuku anda dalam air sabun hangat selama 10 menit, kemudian bersihkan dan gosok kuku anda menggunakan sikat gigi yang lembut, terutama kuku kaki anda. Pastikan tidak ada kotoran atau debu yang terjebak di dalam dan di sekitar kuku anda. Ini akan membersihkan kuku anda dan juga mencegah segala jenis infeksi akibat kuman dan kotoran yang terakumulasi.

Setelah itu, keringkan kuku. Kelebihan kelembaban antara jari-jari kaki dapat menciptakan lingkungan yang menguntungkan bagi infeksi jamur. Organisme jamur menyukai air, sehingga akan lebih sulit bagi mereka untuk berkembang tanpa kebasahan.

Selain dengan mencuci setiap hari, menggosok kaki dan tumit seminggu sekali sangatlah penting. Pengelupasan kulit secara teratur akan menjaga kaki anda tetap lembut dan halus serta mengurangi risiko mengembangkan jagung atau kapalan. Kulit mati di sekitar kuku dapat dihapus dengan batu apung seminggu sekali.

2. Memotong Kuku Anda Dengan Baik

Untuk membantu mencegah infeksi kuku, hal ini penting untuk memotong kuku anda dengan baik. Selalu potong kuku dengan lurus dan bersih menggunakan gunting kuku. Anda dapat menggunakan kikir kuku untuk dengan lembut menghaluskan tepi tajam setelah itu.

Kurva sudut kuku anda, karena hal ini dapat menyebabkan nyeri, kuku tumbuh ke dalam. Pada saat yang sama, hindari pemangkasan kuku anda terlalu dekat dengan kulit. Juga, ketika kuku yang dipotong terlalu pendek, sepatu akan menempatkan lebih banyak tekanan pada kuku, menyebabkan banyak rasa sakit.

Mereka yang memiliki aliran darah yang buruk ke kaki harus konsultasikan ke ahli penyakit kaki untuk memiliki memangkas kuku.

3. Memakai Alas Kaki Yang Tepat

Alas kaki yang pas dan nyaman sangat penting untuk mengurangi risiko jamur kuku serta kuku yang tumbuh ke dalam. American Academy of Family Physicians merekomendasikan mengenakan sepatu dengan kotak kaki yang tidak kram jari kaki anda. Sepatu yang terlalu kecil atau terlalu besar harus dihindari.

Jika sepatu anda mencubit jari-jari kaki anda atau menempatkan tekanan pada sisi jari-jari kaki anda, buanglah sepatu tersebut atau berikan kepada saudara atau bisa juga disumbangkan ke badan amal.

Selain ukuran, pilihlah alas kaki bernapas sehingga lebih banyak udara dapat bersirkulasi di sekitar kaki anda. Ini akan membantu menjaga kaki anda tetap kering dan kurang rentan terhadap jamur kuku. Sepatu yang terbuat dari bahan bernapas seperti kulit atau kanvas sangat dianjurkan.

Jangan pernah memakai sepatu yang masih basah dari kemarin berkeringat latihan, karena ini hanya akan meningkatkan risiko kuku infeksi jamur. Selalu memiliki beberapa pasang sepatu dan memutar mereka dalam pemakaiannya. Sama seperti sepatu, pilihlah kaus kaki yang menyerap keringat, seperti yang terbuat dari katun. Pastikan anda mengganti kaus kaki anda secara sering.

4. Melindungi Kuku Anda di Tempat Umum

Tempat umum, seperti pusat kebugaran, kolam renang, atau salon, cenderung menjadi tempat berkembang biaknya jamur yang dapat menyebabkan infeksi. Oleh karena itu, penting untuk melindungi kuku dan kaki di tempat-tempat umum.

Hindari berjalan tanpa alas kaki di gym, di kamar ganti di kolam renang umum. Jika sepatu atau kaus kaki tidak diperbolehkan dipakai, basahi terus kaki anda dengan shower.

Di lingkungan yang lembab, pastikan anda selalu memakai sandal jepit. Demikian pula, salon bisa menjadi sarang bagi jamur, jadi sebelum mencoba sebuah salon untuk manicure atau pedicure, tanyakan kepada mereka apa yang mereka ambil tindakannya untuk pencegahan penyebaran jamur kuku.

5. Jangan Pernah Memotong atau Memanipulasi Kutikula Anda

Kutikula adalah jaringan parut yang penting dan memberikan perlindungan terhadap bakteri yang masuk melalui kuku. Oleh karena itu, anda tidak harus menggunting kutikula, karena itu akan membuat anda lebih rentan terhadap infeksi, jamur dan hangnails yang menyakitkan.

Selain itu, jika anda memotong kutikula, mereka memiliki kecenderungan meningkat untuk memisahkan. Sementara pemotongan kutikula menyebabkan kerugian, bahkan mendorong mereka kembali terlalu keras dapat menyebabkan masalah.

Untuk menangani nyeri kutikula, rendam tangan anda dalam air hangat selama 10 menit. Keringkan, lalu oleskan minyak zaitun atau minyak kelapa dan pijat dengan lembut selama 5 menit. Akhirnya, dorong kutikula kembali dengan orangewood stick. Anda juga dapat membeli minyak kutikula, yang anda bisa dapatkan dengan mudah di pasar.

Baca juga :

6. Melembabkan Kuku dan Kutikula

Hal ini juga penting untuk menjaga kuku dan kutikula dengan pelembap. Secara teratur gunakan pelembab pada kuku dapat membantu mereka tumbuh kuat dan sehat. Hal ini juga melindungi kuku anda dari melanggar, chipping, retak dan membelah karena kurangnya kelembaban. Bahkan kutikula anda akan mulai mencari yang lebih baik. Ketika menerapkan pelembab, pastikan untuk menggosok seluruh bagian atas dan bawah kaki anda, termasuk jari-jari kaki anda.

Minyak zaitun adalah salah satu pelembab terbaik untuk kuku yang sehat. Untuk hasil terbaik, oleskan pada kuku dan kutikula sebelum tidur untuk membantu minyak menembus jauh ke dalam kulit. Minyak juga membantu memperbaiki kerusakan dan melembutkan kuku dan kutikula, yang pada gilirannya menyebabkan kuku yang kuat dan sehat. Selain minyak zaitun, minyak kelapa adalah pilihan lain yang baik untuk dicoba.

7. Jangan Melakukan Manicure atau Pedicure Terlalu Sering

Mendapatkan manicure atau pedicure dilakukan sebulan sekali baik untuk kesehatan kuku. Tapi mendapatkan mereka dilakukan terlalu sering, terutama di salon, dapat menyebabkan kuku kering dan rapuh. Dalam kenyataannya, sering manikur kronis dapat menyebabkan kuku infeksi dan bengkak, area sekitar pangkal paha memerah.

Hal ini karena paparan bahan kimia lebih dan lebih keras bahan-bahan yang digunakan di salon dapat berakibat buruk bagi kesehatan kuku. Lebih baik untuk melakukan manikur dan pedikur di rumah. Ini pasti akan mengurangi risiko infeksi dan membantu memastikan lebih sehat.

8. Berhenti Overwashing Tangan dan Kaki

Sementara itu sehat untuk mencuci tangan dan kaki untuk menjaga mereka tetap bersih, secara berlebihan sama sekali tidak dianjurkan. Overwashing dapat membuat anda lebih rentan terhadap infeksi. Juga, kuku menjadi rapuh dan mudah patah.

Jika anda berada dalam profesi di mana sering mencuci tangan adalah suatu keharusan, maka anda harus memastikan bahwa anda harus mengeringkannya dengan benar. Juga, oleskan pelembab sesering mungkin dan gosokkan sedikit ekstra di sekitar kutikula beberapa kali sehari.

Juga, saat melakukan pekerjaan rumah tangga seperti laundry atau cuci piring, memakai sarung tangan bila memungkinkan. Ini akan membantu meminimalkan tangan anda’ kontak dengan bahan kimia yang ditemukan dalam deterjen laundry dan cairan pencuci piring.

9. Hindari Menyembunyikan Kuku Dengan Cat

Warna kuku berubah, menebal, dan retak merupakan indikasi dari jamur kuku. Menerapkan warna cat pada kuku hanya akan membuat masalah menjadi lebih buruk. Bahkan, ketika memiliki tanda-tanda ini, anda harus segera check up ke dokter.

Juga, secara umum, anda tidak harus menerapkan cat kuku secara sering. Hal ini dapat menyebabkan perubahan warna kuku. Dari waktu ke waktu, mengambil istirahat dari kuku sehingga kuku anda dapat bernapas.

Mencoba untuk tinggal jauh dari kuku akrilik. Bahan kimia yang digunakan untuk menerapkan kuku akrilik sangat tidak sehat, dan penggunaan jangka panjang dapat mengakibatkan lengkap kuku rontok dengan penghancuran matriks kuku. Bahkan, beberapa bahan kimia seperti resin dan formaldehida yang diketahui menyebabkan kanker.

Bersama dengan kuku akrilik, hal ini penting untuk mengatakan tidak pada aseton berbasis penghilang cat. Ini jenis cat kuku remover dapat strip kuku, menyebabkan mereka menjadi rapuh. Pilihlah yang berbasis minyak penghilang cat kuku.

10. Periksa Kuku Anda Secara Teratur

Pencegahan selalu lebih baik daripada mengobati, dan ini berlaku untuk kuku anda dan juga kesehatannya. Periksalah kuku anda dengan benar minimal seminggu sekali saat mandi. Setiap jenis perubahan warna kuku bisa menunjukkan jamur kuku.

Saat mengeringkan kaki anda, perhatikan baik-baik pada telapak kaki untuk tanda-tanda skala atau mengupas kulit di antara daerah jari kaki. Ini juga tanda-tanda awal dari infeksi kuku.

Orang yang diabetes harus memeriksa kaki mereka setiap beberapa hari, karena diabetes menyebabkan risiko yang lebih tinggi dari kaki luka dan infeksi. Jika anda melihat ada kelainan pada kuku atau kulit di sekitar kuku, seperti rasa sakit, kemerahan, pembengkakan, atau perubahan warna yang berlanjut, konsultasikan dengan dokter.

Tips Tambahan :

  • Menjaga kuku anda dengan perawatan barang – gunting kuku, rumah pedicure tools, dll. – higienis dan didesinfeksi.
  • Trauma kuku dapat menyebabkan perkembangan infeksi, jadi berhati-hati ketika akan di tempat yang ramai.
  • Sistem kekebalan tubuh yang lemah membuat anda lebih rentan terhadap infeksi jamur. Oleh karena itu, pastikan untuk makan sehat guna menjaga sistem kekebalan tubuh yang kuat.
  • Semprot sepatu dengan semprotan antibakteri, terutama jika anda telah mengenakannya tanpa kaus kaki.
  • Cuci kaus kaki dalam air panas dengan pemutih untuk membunuh jamur dan patogen lainnya.
  • Jangan pernah berbagi pemakaian sepatu dengan orang lain, cukup anda seorang saja. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari kemungkinan terjadi infeksi.
  • Jangan gunakan ekstensi kuku, karena mereka cukup buruk untuk kuku. Ekstensi kuku dapat menyebabkan jamur atau bahkan infeksi bakteri dan kadang-kadang kerusakan permanen.
  • Jika anda mencurigai infeksi kuku, kunjungi ahli penyakit kaki.
  • Untuk mengobati jamur kuku, anda dapat menggunakan minyak pohon teh atau sari cuka apel sebagai pengobatan rumah yang efektif. Pilihan lain adalah dengan menggunakan krim anti jamur.
  • Setelah anda berhasil membersihkan diri dari infeksi jamur, hal ini penting untuk mengambil tindakan pencegahan untuk mencegah kekambuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengobatan Kesemutan Secara Alami © 2019 Frontier Theme