Pengobatan Kesemutan Secara Alami

Waspadai Sering Kesemutan Merupakan Gejala Lain Dari Penyakit Berbahaya Yang Tidak Kita Sadari

Jangan Remehkan Sering Kesemutan dan Otot Kaku

Jangan Remehkan Sering Kesemutan dan Otot Kaku | Kegiatan ataupun aktivitas sehari-hari yang berlebihan pastinya akan membuat Anda merasakan capek dan lelah. Selain itu dapat meningkatkan risiko berbagai macam penyakit juga. Gangguan saraf merupakan salah satu penyakit yang pasti akan menyerang duluan, otot kaku, kesemutan dan mati rasa adalah daftar gejalanya.

Neuropati adalah nama lain dari gangguan saraf, dimana ini merupakan sebuah kondisi gangguan akibat adanya gangguan saraf. Kekurangan vitamin B1, B6, B12, Trauma pada saraf, dan efek samping penyakit sistemik merupakan penyebab terjadinya Neuropati.

Rasa baal, kebas, otot kaku, kesemutan, timbul rasa terbakar di tangan dan kaki, kulit hipersensitif dan penyusutan otot biasanya akan dirasakan oleh para pasien Neuropati. Meskipun memang jauh dari kata kematian, tetapi efek atau rasa tidak nyaman akan sangat mengganggu Anda setiap harinya, dan itu sangat menyebalkan sekali.

Menurut dr. Manfaluthy Hakim, Sp.S(K) selaku ketua PERDOSSI (Perhimpunan Dokter Spesialis Saraf Indonesia) apabila gejala-gejala yang timbul akibat Neuropati terus-menerus dibiarkan oleh para pasien, takutknya akan terjadi kelumpuhan permanen. Kenapa bisa merujuk pada kelumpuhan? karena itu terjadi akibat saraf-saraf yang rusak dan susah untuk diperbaiki lagi.

Dokter ahli saraf tersebut bersuara “Neuropati itu bisa dicegah sejak awal kemunculan, bagaimana caranya? mudah sekali, cukup dengan istirahat yang cukup supaya sel pada saraf bisa beregenerasi dengan baik, lakukan olahraga rutin dan mengkonsumsi makanan bergizi. Sayur dan buah yang kaya vitamin B lengkap juga sangat penting untuk dikonsumsi setiap harinya, gunanya untuk memaksimalkan fungsi saraf agar tidak cepat rusak juga.”

Gangguan saraf (neuropati) ini umumnya memang menyerang bagian-bagian sistem saraf, seperti tepi, sumsum tulang belakang dan otak. Sehingga bisa dianggap wajar apabila para pasiennya menderita gangguan motorik, otonom, dan sensorik.

Neuropati sendiri mempunyai beberapa jenis, diantaranya adalah :

  • Neuropati karena defisiensi vitamin B1, B6 dan B12.
  • Neuropati karena trauma saraf.
  • Neuropati karena Diabetes.
  • Neuropati karena penuaan.
  • Neuropati karena infeksi penyakit.

Pada dasarnya faktor penyebab dari penyakit inipun sampai sekarang sulit sekali ditemukan, oleh para ahli kesehatan saraf sekalipun.

Neuropati ini memang identik dengan penyakit diabetes, sering terkena racun, minum alkohol berlebihan, trauma saraf, defisiensi vitamin, gaya hidup dan juga karena pengaruh penyakit tertentu seperti Tyroid, Gagal Ginjal dan Gagal Hati. Walaupun demikian, menurut fakta dari Departemen Kesehatan, ada 50% orang di Indonesia menderita penyakit ini dikarenakan aktivitas yang berlebihan dan gaya hidup kurang sehat.

Updated: March 20, 2017 — 7:26 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengobatan Kesemutan Secara Alami © 2019 Frontier Theme