Pengobatan Kesemutan Secara Alami

Waspadai Sering Kesemutan Merupakan Gejala Lain Dari Penyakit Berbahaya Yang Tidak Kita Sadari

Gejala, Pengobatan, dan Lainnya Tentang Herpes Zoster Wajah

Gejala, Pengobatan, dan Lainnya Tentang Herpes Zoster Wajah – Herpes zoster adalah infeksi umum yang terjadi karena virus herpes. Herpes zoster adalah ruam yang biasanya muncul pada salah satu sisi dada dan punggung. Hal ini juga dapat berkembang di salah satu sisi wajah dan sekitar mata.

Gejala, Pengobatan, dan Lainnya Tentang Herpes Zoster Wajah

Kondisi ini dapat sangat menyakitkan dan kadang-kadang dapat memiliki efek samping jangka panjang. Tidak ada obat untuk herpes zoster yang tersedia, tetapi pengobatan dini dapat menurunkan risiko komplikasi serius.

Apa Saja Gejala Dari Herpes Zoster?

Herpes zoster penyebab ruam merah yang membentuk pada salah satu sisi tubuh atau wajah. Ruam dapat muncul di mana saja pada tubuh anda atau di beberapa tempat. Yang paling umum kedua situs ruam wajah. Hal ini dapat menyebar dari telinga ke hidung dan dahi. Hal ini juga dapat menyebar di sekitar satu mata, yang dapat menyebabkan kemerahan dan pembengkakan pada mata dan daerah sekitarnya. Ruam kulit kadang-kadang berkembang di mulut.

Banyak orang merasakan kesemutan atau sensasi terbakar di hari sebelum hari pertama benjolan merah pun muncul. Ruam mulai sebagai lepuh berisi cairan, atau lesi. Beberapa orang memiliki beberapa cluster lecet yang berserakan, dan lain-lain memiliki begitu banyak bahwa itu tampak seperti terbakar. Lepuh akhirnya istirahat, cairan, dan kerak. Setelah beberapa hari, koreng mulai jatuh.

Gejala lain dari herpes zoster adalah :

  • Gatal-gatal.
  • Sensitivitas terhadap sentuhan.
  • Nyeri.
  • Kelelahan.
  • Sakit kepala.
  • Demam.

Apa Yang Menyebabkan Herpes Zoster?

Virus varicella-zoster penyebab herpes zoster. Ini adalah virus yang sama yang menyebabkan cacar air atau varicella. Anda hanya bisa mendapatkan herpes zoster jika anda sudah pernah terkena cacar air.

Setelah anda sembuh dari cacar air, virus tetap dalam tubuh anda selama sisa hidup anda. Hal ini dapat tetap aktif selamanya, tapi jika itu aktif kembali, anda mendapatkan herpes zoster. Tidak jelas persis apa yang menyebabkan virus aktif kembali, tapi hal ini lebih mungkin terjadi jika anda memiliki sistem kekebalan tubuh. Anda bisa mendapatkannya pada usia berapa pun, tapi risiko anda akan meningkat setelah usia 60. Hal ini juga tidak jelas mengapa beberapa orang mendapatkan herpes zoster terutama pada wajah.

Apa Kemungkinan Komplikasi Dari Herpes Zoster?

Herpes zoster di wajah anda dapat menyebabkan berbagai komplikasi tergantung pada di mana ruam yang muncul pada wajah anda.

Mata

Herpes zoster di sekitar mata adalah kondisi serius. Virus dapat mempengaruhi semua bagian luar dan bagian dalam mata, termasuk kornea dan sel-sel saraf yang bereaksi terhadap cahaya. Gejala-gejalanya termasuk :

  • Kemerahan.
  • Bengkak.
  • Pembengkakan.
  • Infeksi.
  • Masalah penglihatan.

Herpes zoster di dalam atau di sekitar mata dapat menyebabkan kebutaan permanen.

Telinga

Herpes zoster dekat atau di telinga dapat menyebabkan infeksi. Hal ini dapat menyebabkan :

  • Masalah Dearing.
  • Masalah keseimbangan.
  • Lemah otot wajah.

Kadang-kadang, gejala ini tetap lama setelah ruam hilang, bahkan menjadi permanen.

Mulut

Jika ruam herpes zoster berkembang di mulut anda, itu bisa sangat menyakitkan dan membuat sulit untuk makan sampai membersihkan. Hal ini juga dapat mengubah rasa.

Komplikasi lain

Salah satu komplikasi yang paling umum dari herpes zoster adalah postherpetic neuralgia. Kondisi ini menyebabkan rasa sakit di mana anda memiliki ruam, bahkan setelah itu telah sembuh. Hal ini dapat berlangsung berminggu-minggu, bulan, atau tahun.

Jika anda mendapatkan infeksi bakteri seperti ruam, anda bisa memiliki jaringan parut permanen. Herpes zoster menyebabkan peningkatan kecil dalam risiko stroke selama beberapa minggu hingga beberapa bulan. Risiko yang lebih tinggi jika anda memiliki herpes zoster pada wajah.

Herpes zoster dapat mempengaruhi otak, sumsum tulang belakang, dan pembuluh darah, tapi itu jarang terjadi. Radang paru-paru dan radang otak. Komplikasi mengirim sekitar 1 sampai 4 persen dari orang dengan herpes zoster ke rumah sakit. Sekitar 30 persen dari mereka memiliki sistem kekebalan ditekan. Herpes zoster menyebabkan sekitar 96 kematian setiap tahun di Amerika Serikat.

Bagaimana Herpes Zoster Didiagnosis?

Jika anda memiliki gejala herpes zoster, terutama jika mereka melibatkan wajah anda, kunjungi dokter anda atau dokter mata segera. Dokter biasanya dapat mendiagnosis herpes zoster ruam dengan melakukan pemeriksaan fisik. Dokter anda juga dapat mengambil gesekan dari ruam kulit anda dan mengirimkannya ke laboratorium untuk pemeriksaan di bawah mikroskop.

Hal ini sangat penting untuk mencari pengobatan jika anda memiliki sistem kekebalan tubuh. Pengobatan dini dapat membantu mengurangi kesempatan anda untuk komplikasi serius.

Bagaimana Herpes Zoster Di Wajah Diobati?

Herpes zoster harus menjalankan saja, tapi cukup beberapa pilihan pengobatan yang tersedia. Ini termasuk :

  • Obat antivirus.
  • Anti-inflamasi kortikosteroid, terutama ketika wajah atau mata yang terlibat.
  • Over-the-counter atau resep kekuatan penghilang rasa sakit.
  • Kompres dingin untuk menenangkan ruam.

Anda juga harus menjaga kulit anda tetap dingin dan bersih untuk membantu menurunkan kemungkinan infeksi.

Prospek

Jika anda memiliki sangat parah kasus herpes zoster, itu bisa memakan waktu berbulan-bulan untuk menghilangkannya. Hal ini juga dapat menjadi masalah jangka panjang bagi sebagian orang. Jika anda memiliki postherpetic neuralgia, anda mungkin perlu untuk memeriksakan tubuh ke dokter lebih sering.

Komplikasi yang melibatkan mata atau telinga mungkin memerlukan perawatan berkelanjutan, terutama jika anda memiliki berlama-lama penglihatan atau masalah pendengaran.

Kebanyakan orang memiliki herpes zoster hanya sekali, tetapi bisa kambuh. Hal ini lebih mungkin terjadi jika anda memiliki sistem kekebalan tubuh yang lemah. Jika anda belum punya komplikasi, gejala yang harus jelas dalam hitungan minggu dengan sedikit.

Baca juga :

Bagaimana Anda Bisa Mencegah Penyebaran Virus?

Anda tidak dapat memberikan herpes zoster pada orang lain, tapi virus varicella-zoster adalah virus yang sangat menular. Jika anda memiliki herpes zoster dan anda mengekspos orang lain yang tidak menderita cacar air atau cacar air vaksin, anda dapat memberi mereka virus. Mereka akan mendapatkan cacar air, tapi hal ini menempatkan mereka pada risiko untuk herpes zoster di kemudian hari.

Dapat menular ketika lecet terjadi, atau setelah mereka istirahat dan sebelum mereka mengerak di atas. Lakukan hal berikut untuk menghindari penyebaran virus ke orang lain :

  • Menjaga ruam tertutup, terutama ketika lepuh yang aktif.
  • Cobalah untuk tidak menyentuh, menggosok atau menggaruk ruam.
  • Cuci tangan anda secara menyeluruh dan sering.

Hindari kontak dengan orang-orang yang belum pernah menderita cacar air atau cacar air vaksin, terutama :

  • Wanita hamil.
  • Bayi.
  • Orang-orang dengan HIV.
  • Orang-orang yang mengambil obat imunosupresif atau kemoterapi.
  • Transplantasi Organ penerima.

Anda tidak perlu khawatir tentang penyebaran kepada orang-orang yang sudah pernah terkena cacar air atau cacar air vaksin. Jika anda berusia lebih dari 60 tahun dan telah memiliki cacar tapi tidak herpes zoster, tanyakan kepada dokter anda jika anda harus mendapatkan vaksin herpes zoster.

Updated: July 17, 2017 — 6:57 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengobatan Kesemutan Secara Alami © 2015 Frontier Theme