Pengobatan Kesemutan Secara Alami

Waspadai Sering Kesemutan Merupakan Gejala Lain Dari Penyakit Berbahaya Yang Tidak Kita Sadari

10 Penyebab Mengapa Anda Sering Merasa Lelah Sepanjang Waktu

Hampir semua orang merasakan lelah karena terlalu banyak bekerja dari waktu ke waktu. Kasus kelelahan sementara tersebut bisa disebut normal untuk aktivitas fisik dan mental. Hal ini juga mungkin terkait dengan kurang tidur, jet lag, kurangnya aktivitas fisik, efek samping dari obat-obatan atau diet yang tidak sehat.

10 Penyebab Mengapa Anda Sering Merasa Lelah Sepanjang Waktu

Namun, yang akan kami bahas adalah kelelahan yang tidak kunjung berhenti atau kelelahan yang lebih mendalam lagi. Hal ini sangat berbeda dari rasa kantuk, meskipun keduanya dapat terjadi pada waktu yang sama.

Jika anda memiliki konstan kekurangan energi, mungkin ada beberapa penyebab yang mendasari masalah kesehatan. Berikut ini adalah 10 Penyebab Mengapa Anda Sering Merasa Lelah Sepanjang Waktu, cek di bawah ini selengkapnya.

1. Sindrom Kelelahan Kronis

Salah satu penyebab utama di balik kelelahan sindrom kelelahan kronis sering disebut CFS.

CFS terlibat banyak dalam melumpuhkan kelelahan yang berlangsung selama berbulan-bulan. Jika anda memiliki kondisi sejenis ini, anda mungkin mengalami kelelahan ekstrim setelah aktivitas normal fisik atau mental, yang dapat bertahan selama lebih dari 24 jam setelah beraktivitas. Bahkan dengan melakukan istirahat pun tetap saja tidak membaik.

Selain kelelahan, gejala lain termasuk sakit tenggorokan, otot atau nyeri sendi, dan sakit kepala juga bisa datang dengan sendirinya tanpa diundang.

Penyebab pasti dari SINDROM ini belum diketahui. Namun, para peneliti percaya bahwa virus, hipotensi (biasa tekanan darah rendah), sistem kekebalan tubuh yang lemah dan ketidakseimbangan hormon merupakan faktor yang berkontribusi besar.

Studi pada tahun 2015, yang dilakukan oleh tim dari Universitas Oxford, king’s College London dan Queen Mary University of London terlihat ada empat pengobatan yang potensial untuk CFS. Mereka menemukan terapi perilaku kognitif dan dinilai terapi latihan adalah pilihan pengobatan dengan hasil yang terbaik.

2. Anemia

Kelelahan adalah gejala umum dari semua jenis anemia. Anemia adalah suatu kondisi yang ditandai oleh rendahnya tingkat hemoglobin, yang merupakan pembawa oksigen kimia dalam aliran darah. Kurangnya oksigen dalam tubuh yang menyebabkan kelelahan.

Studi 2002 yang dipublikasikan di Seminar Onkologi menunjukkan hubungan yang kuat antara kelelahan dan anemia.

Kelelahan yang bersamaan dengan sesak napas, pusing, sakit kepala, tangan dan kaki dingin, kulit pucat dan nyeri dada adalah gejala umum dari anemia.

Periksalah darah anda untuk mengetahui apakah anda mengalami anemia. Diagnosis yang tepat dan pengelolaan anemia juga sangat penting untuk menjaga kesehatan secara keseluruhan.

3. Tiroid Yang Kurang Aktif (Hipotiroidisme)

Kelelahan mampu melemahkan gejala tiroid pada pasien, terutama mereka yang menderita hipotiroid atau tiroid kurang aktif.

Kelenjar tiroid membantu mengatur metabolisme, yang merupakan tingkat di mana tubuh menggunakan energi. Ketika kelenjar tiroid tidak menghasilkan cukup hormon tiroid, maka kelelahan dan energi rendah akan menjadi hasil akhirnya.

Menurut sebuah studi pada tahun 2012 yang diterbitkan dalam European Journal of Endocrinology, autoimun hipotiroidisme pada pasien, secara signifikan tingkat kelelahannya telah lebih tinggi dibandingkan dengan pasien differentiated karsinoma tiroid.

Bersama dengan kelelahan, gejala lain dari hipotiroidisme adalah berat badan turun tiba-tiba, nyeri otot, rambut rontok, kulit kering, dan peningkatan sensitivitas terhadap dingin. Jika anda mengalami gejala ini, konsultasikan dengan dokter anda secepatnya. Kelenjar tiroid yang kurang aktif dapat dengan mudah didiagnosis dengan mengambil tes darah.

4. Diabetes

Kelelahan adalah keluhan umum di antara orang-orang yang menderita diabetes, yang dapat menghambat kemampuan untuk melakukan kegiatan sehari-hari.

Menurut sebuah studi pada tahun 2014 yang diterbitkan dalam Diabetes Care, kelelahan kronis sangat umum terjadi pada pasien diabetes Tipe 1.

Hal ini diyakini bahwa tubuh perlu menggunakan jumlah energi yang cukup untuk menangani perubahan dalam kadar gula darah, hal ini mengakibatkan kelelahan. Kelelahan dan kelemahan akan terjadi meskipun makan dengan benar dan mendapatkan tidur yang cukup.

Jika anda menderita kelelahan seiring dengan meningkatnya rasa haus dan kelaparan, peningkatan buang air kecil dan penurunan berat badan yang tidak terduga, periksakan diri anda ke dokter. Diagnosis dini memungkinkan untuk pengobatan yang lebih baik.

5. Fibromyalgia

Fibromyalgia adalah penyebab umum lain dari kelelahan kronis dan nyeri muskuloskeletal, terutama pada wanita. Hal ini digambarkan sebagai gangguan otot, sendi dan jaringan berserat. Dalam kasus-kasus fibromyalgia, kelelahan disertai dengan perasaan depresi, dan penarikan sosial.

Menurut sebuah studi pada tahun 2013 yang diterbitkan dalam Arthritis Research and Therapy, kelelahan adalah salah satu keluhan yang paling umum di antara pasien fibromyalgia. Namun, hal ini kurang mendapat perhatian dari nyeri tubuh kronis.

Bersama dengan kelelahan kronis, gejala lain dari fibromyalgia yang mendalam diantaranya nyeri otot, nyeri tender poin, masalah susah tidur, kecemasan dan depresi.

Konsultasikan dengan dokter jika anda mengalami gejala ini, karena seiring berjalannya waktu, apabila terus-menerus dibiarkan dapat memperburuk kondisi dan tentunya mempengaruhi kualitas kehidupan pribadi dan profesional.

Baca juga : Neurobion

6. Multiple Sclerosis

Multiple sclerosis, umumnya dikenal sebagai MS, adalah penyakit autoimun yang mempengaruhi sistem saraf pusat – otak dan sumsum tulang belakang.

Di sini sistem kekebalan tubuh menyerang myelin, yang merupakan lapisan isolasi di sekitar sel-sel saraf. Wanita rentan terkena penyakit ini dibandingkan dengan laki-laki.

Kelelahan adalah gejala umum dari MS. Menurut National Multiple Sclerosis Society, 80 persen dari orang-orang dengan MS menderita kelelahan. Kelelahan ini akan lebih buruk karena terjadi begitu lama berhari-hari. Panas dan kelembaban dapat memperburuk kondisi.

Sebuah studi tahun 2008 yang diterbitkan dalam the Brazilian Journal of Medical and Biological Research melaporkan bahwa sakit sindrom kaki serta kualitas tidur yang buruk dan kelelahan di siang hari adalah umum pada pasien MS.

Studi lain pada tahun 2014 yang diterbitkan dalam Journal of Clinical Sleep Medicine melaporkan bahwa gangguan tidur, dan apnea tidur obstruktif khususnya, dapat menjadi sangat lazim namun itu diakui kontributor kelelahan pada orang yang memiliki multiple sclerosis (MS).

Beberapa gejala lain dari MS adalah mati rasa atau kelemahan pada satu atau lebih anggota badan, kesemutan atau nyeri di salah satu bagian tubuh, bicara menjadi cadel dan pusing.

Tidak ada obat untuk penyakit ini. Namun, dengan diagnosis secara dini anda dapat memperlambat perkembangan dan mengurangi keparahan gejala.

7. Depresi

Depresi dapat membuat seseorang merasa sangat lelah, walaupun telah melakukan istirahat malam yang baik. Orang-orang yang mengalami depresi juga sering menderita masalah tidur.

Setiap jenis masalah tidur mempengaruhi tingkat energi anda. Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, lebih dari 350 juta orang menderita depresi.

Kelelahan adalah gejala umum pada pasien depresi. Ini telah dibuktikan oleh sebuah studi tahun 2004 yang diterbitkan dalam Psychiatry. Depresi memicu produksi yang lebih rendah dari berbagai neurotransmitter, yang mengakibatkan kelelahan kronis.

Studi lain pada tahun 2014 yang diterbitkan dalam Depression and Anxiety melaporkan bahwa diagnosis dan pengobatan kelelahan pada pasien depresi yang kurang baik menyebabkan lebih parah dan lebih lama bertahan dalam depresi terus-menerus.

Jika tidak diobati, umumnya depresi dapat menyebabkan pasien melakukan bunuh diri. Hal ini penting untuk berkonsultasi dengan dokter jika anda mengalami kelelahan konstan serta perasaan sedih, putus asa, tidak berharga dan tidak berdaya.

8. Demam Kelenjar

Demam kelenjar, juga dikenal sebagai infeksi mononucleosis, infeksi virus yang menyebabkan kelelahan yang parah. Gejala lain dari penyakit ini diantaranya demam, kehilangan nafsu makan, nyeri otot, sakit tenggorokan, dan pembengkakan kelenjar.

Sebuah studi pada tahun 2007 yang diterbitkan dalam Journal of Infectious Disease melaporkan bahwa risiko kelelahan berkepanjangan atau sindrom kelelahan kronis pada kelenjar demam adalah lima sampai enam kali lipat dari umum lainnya infeksi saluran pernapasan atas.

Studi lainnya yang dilakukan pada tahun 2011 yang diterbitkan dalam Psychological Medicines juga melaporkan terjadinya sindrom kelelahan kronis setelah episode akut dari demam kelenjar.

Jika anda mencurigai anda memiliki demam kelenjar, kunjungi dokter untuk melakukan diagnosis yang tepat plus dengan pengobatannya.

9. Sleep Apnea

Sleep apnea adalah gangguan yang sangat umum yang dapat menyebabkan kelelahan di siang hari. Dalam hal ini dapat mengakibatkan gangguan tidur, pernafasan terganggu atau bahkan berhenti tanpa sadar saat tidur. Hal ini terjadi karena penyempitan pada saluran udara di hidung, mulut atau tenggorokan.

Penelitian pada tahun 2000 yang diterbitkan dalam Chest melaporkan bahwa keluhan kelelahan atau kekurangan energi mungkin sama pentingnya dengan itu, kantuk untuk pasien yang menderita apnea tidur obstruktif.

Jika anda mengalami kelelahan kronis bersama dengan perasaan kelelahan setelah bangun tidur, sakit kepala setelah bangun tidur dan mendengkur, anda mungkin menderita sleep apnea. Konsultasikan dengan dokter anda segera. Bahkan jumlah kecil pada kurang tidur dapat membahayakan kesehatan anda dan juga mengganggu suasana hati.

10. Menopause

Wanita yang perimenopause akan melalui menopause yang beriringan dengan seringnya merasa lelah. Estrogen, progesteron, tiroid dan adrenal hormon yang terlibat dalam mengatur energi sel dalam tubuh. Selama menopause, kadar hormon berfluktuasi banyak, yang dapat menyebabkan kelelahan.

Selama tahap ini berjalan, wanita akan merasa sulit untuk mendapatkan tidur yang baik karena berkeringat di malam hari dan hot flashes. Kurang tidur membuat anda merasakan lelah dan kantuk di siang hari.

Kelelahan bahkan dapat memperburuk gejala menopause lainnya, seperti kecemasan, konsentrasi yang buruk dan kurangnya kepercayaan.

Menopause dini serta kelainan haid, endometriosis, nyeri panggul dan histerektomi adalah hal yang berhubungan dengan sindrom kelelahan kronis, menurut penelitian pada tahun 2015 yang diterbitkan dalam Menopause.

Sindrom kelelahan kronis ini lebih umumnya sering terjadi pada wanita daripada laki-laki dan yang paling umumnya terjadi pada wanita di usia 40-an.

Updated: April 29, 2017 — 4:43 am

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Pengobatan Kesemutan Secara Alami © 2015 Frontier Theme